Sunday, December 11, 2011

Keindahan Hidup


(Mazmur 19:8-11)

Keindahan hidup adalah sebuah seni,   artinya diperlukan ketrampilan untuk menata dan mengatur kehidupan. Kehidupan yang tertata dan kehidupan yang terkendali inilah, di sana menemukan keindahan hidup. Hidup manusia memiliki dua arah relasi, yaitu relasi dengan sesama dan relasi dengan Tuhan. Kedua relasi ini tidak bisa dipisahkan, karena mengerjakan relasi yang indah dengan Tuhan akan terlihat dan nampak pada sikap hidup keseharian dalam relasi dengan sesama.
Dalam Mazmur 19:11, Pemazmur menemukan keindahan hidup yang nilainya lebih tinggi dari pada emas bahkan emas tua sekalipun dan lebih manis dari pada madu bahkan madu tetasan dari sarang lebah. Pemazmur ingin mengatakan bahwa keindahan hidup tidaklah diukur dari seberapa banyak harta yang dimiliki oleh seseorang, tidak diukur juga dari seberapa tinggi gelar akademik yang dimiliki oleh seseorang, atau seberapa tinggi status yang disandang oleh seseorang.
Dari perenungan itulah, Pemazmur menegaskan bahwa Keindahan Hidup hanya terwujud jika seseorang menghargai, dan menghayati serta melaksanakan 5 hal, yaitu : taurat, peraturan, titah, perintah, dan hukum. Hiasilah hidupmu dengan keindahan yang sifatnya kekal seperti pemazmur teladankan pada kita semua. Tuhan Yesus memberkati. Amin