Sunday, October 21, 2012

Providentia Dei


(Mazmur 104:1-35)

            Istilah Providentia Dei sangat erat hubungannya dengan karya Allah dalam menciptakan alam semesta dan seluruh isinya. Alam semesta yang diciptakan Allah disebut Creatio ex Nihilo artinya; Allah menciptakan alam semesta dan isinya dari tidak ada menjadi ada. Menariknya adalah; Allah tidak hanya sekedar mengadakan dan menciptakan melainkan Allah turut aktif menjaga dan memeliharaan bumi ciptaan-Nya dan kedaulatan Allah yang menetapkan manusia sebagai rekan sekerjanya untuk ikut memelihara bumi ini.
            Di dalam Alkitab, terlihat  cara Allah memelihara alam semesta ini. Allah selalu memelihara Adam dan Hawa (Kej. 2: 8,  3:21). Allah memelihara umat-Nya (Kej.7:1, 12:1-Allah memanggil Abraham), terus berlanjut pada peristiwa pemeliharaan Allah terhadap keluarga Israel yang menghadapi ancaman kelaparan melalui Yusuf. Keberpihakan Allah terhadap umat-Nya hingga mereka bisa keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian, bahkan hingga sampai pada zaman para nabi; Allah terus memelihara umat-Nya. Di dalam PB juga terlihat bagaimana Allah tetap eksis dan keonsisten memelihara imat dari orang-orang percaya (Yohanes 10:28, Roma 8:35-39) dsb.
            Mazmur 104 adalah refleksi keterkaitan dan saling ketergantungan seluruh ciptaan tak terkecuali manusia. Pemazmur meyakini bahwa semua dari dan bergantung pada Tuhan. Semua tatanan yang berlangsung dalam alam semesta ini merupakan wujud pemeliharaan Tuhan. Maka salah satu cara Allah mewujudkan pemeliharaan-Nya atas alam semesta adalah melalui manuisa yaitu umat dan anak-anak-Nya yang sudah diselamatkan-Nya. Mari ikut berpatisipasi dalam memelihara alam dan  lingkungan kita masing-masing sebagai bagian dari penerapan iman yang Tuhan sudah berikan bagi kita. Tuhan memberkati. Amin