Sunday, July 15, 2012

Estetika Alam, Pujian bagi Sang Kekasih


(Kidung Agung 7:10-13)

            Pujian yang tulus, murni dan tidak manipulatif memiliki kekuatan dahsyat untuk mengubah relasi orang. Sangat berbeda dengan pujian yang manis di mulut namun pahit di hati. Pujian ini mengandung ketidakmurnian  dari pihak si pemuji.  Hal ini dapat mendatangkan kekeliruan pada si terpuji. Pujian yang tak tulus sering difungsikan sebagai alat untuk mencapai keinginan tertentu bagi si pemuji dalam rangka memanipulasi sesuatu. Sebaliknya pujian yang tulus berfungsi mengapresiasi si terpuji secara layak dan sejujur-jujurnya. Akibatnya, si terpuji terteguhkan dalam syukur tiada henti dan merasa dihargai.
            Para kekasih dalam drama Kidung Agung adalah sebuah ekspresi cinta yang disebutkan dalam bentuk puisi cinta. Dalam bahasa Ibrani cinta adalah ahaba, dan kata ini terkandung semua dimensi cinta yang meliputi aspek religius, seksual, fraternal dan domestik. Tentu sangat berbeda dengan cinta dalam bahasa Yunani yang dibagi menjadi 4 : agape, fillia, eros, dan storge.
            Ekspresi ahaba dalam Kidung Agung memakai bahasa metafora dengan media dunia tumbuhan. Sang kekasih memakai dunia flora ini untuk mengatakan kedalaman cintanya kepada kekasihnya. Mulai dari bagaimana cinta itu bertumbuh, bersemi dan akhirnya menikmati sebuah keindahan dan keharuman seperti  indahnya bunga pacar, indahnya kebun anggur dan kebun delima. Sungguh romantis sekali.
            Dalam bulan keluarga ini, hendaklah kita ekspresikan bahasa cinta kita kepada semua orang yang ada disekitar kita; dimulai dari keluarga (ayah, ibu dan anak), kemudian menjalar kepada lingkungan masyarakat kita (tetangga, kerabat, teman dsb), dan dikerjakan pula dalam gereja. Ekspresikan bahasa cinta itu dalam bentuk; kata-kata, tenaga, pikiran, atau materi. Semoga hari-hari kita dipenuhi oleh damai, cinta, kebahagiaan, dan keindahan. Semoga rumah tangga kita menjadi bak kebun buah-buahan, indah, segar, wangi, dan menggairahkan. Amin (Almanak Sinode GKMI)