Sunday, October 12, 2014

Bekerja Selama Masih Siang

(Yohanes 9:4 & Roma 12:11)

Sebenarnya kehidupan di dunia ini dibatasi oleh ruang dan waktu. Sama seperti Pengkhotbah pasal 11 merinci sedemikian rupa bahwa segala sesuatu itu ada waktunya. Maka tidak ada satupun yang bebas dari keterbatasan artinya semuanya terbatas.
Yesus berkata: “Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang, akan datang malam, dimana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja.” (Yohanes 9:4). Kata-kata Yesus ini bertujuan untuk me-motivasi setiap orang dan terkhusus para murid saat itu supaya selalu siap, giat dan semangat untuk aktif terlibat dalam karya pekerjaan Tuhan. Yesus juga mengingatkan supaya pekerjaan Tuhan tidak boleh ditunda-tunda sebab waktu itu sangat terbatas. Selain dari itu, tak kalah penting bahwa pernyataan Yesus di atas merupakan warning bahwa suatu saat akan ada penghambat dan penghalang bagi setiap aktifitas hidup manusia, termasuk pekerjaan melayani Tuhan.
Di dalam ayat di atas boleh jadi kata “siang” diartikan sebagai bentuk kesediaan waktu yang bisa kita pergunakan untuk beraktifitas. Kemudahan dan kelancaran masih tersedia se-perti; hidup yang masih ada, tenaga yang masih ada, pikiran yang masih cemerlang, kesehatan masih baik dsb. Tetapi sebaliknya, kata “malam” diartikan sebagai bentuk tidak tersedianya waktu yang digunakan untuk beraktifitas. Mungkin saja karna ada hambatan dan penghalang seperti; kesehatan yang kurang baik, daya pikir yang sudah mulai menurun, usia yang semakin bertambah dan belum lagi hambatan-hambatan yang sifatnya eksternal, misalnya; situasi politik dan ekonomi bangsa, ekstrimisme ideologi dalam masyarakat, radikalisme keagamaan dsb.
Hari ini, kita bersyukur karena menyaksikan anak-anak Tuhan yang menyediakan waktu dan hidupnya sebagai alat Tuhan, menyaksikan seluruh jemaat yang kompak mendukung pelayanan Tuhan. Seperti Roma 12:11 berkata: “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.” Amin


No comments:

Post a Comment