Sunday, August 12, 2012

Jangan Abaikan Allah


(I Tawarikh 13:1-14)

1 Tawarikh 13:12-14 mencatat peristiwa pemindahan tabut Allah. Sedikit terjadi kesalahan karena Daud mengabaikan Allah dengan tak meminta nasehat-Nya dalam mengambil keputusan. Biasanya Daud meminta nasihat Tuhan setiap kali hendak maju berperang (lihat misalnya 1 Taw. 14:10), namun saat hendak memindahkan tabut Tuhan, Daud justru mencari dukungan dari kalangan militer dan politisi (1 Taw. 13:1). Sikap kesewenangan Daud berakibat fatal dengan terjadinya kematian Uza, sehingga membuat Daud takut dan sekaligus menyadarkannya bahwa ia telah bertindak terlampau gegabah dengan tidak meminta petunjuk Tuhan (1 Taw. 15:13).
Uza mengabaikan Allah dengan sikap lalainya. Mengingat bahwa tabut Tuhan sudah lebih dari 20 tahun berada di rumahnya (1 Samuel 7:2), adalah janggal bila Uza tidak mengerti tata cara pemindahan tabut. Perhatikan bahwa Allah tidak menghukum orang Filistin yang mengangkat tabut ke kereta (1Samuel 6:11) karena bangsa Filistin tidak mengenal hukum Tuhan, tetapi Allah menghukum Uza yang tahu tetapi mengabaikan hukum Tuhan.
Kisah Uza di atas merupakan peringatan agar kita mencari petunjuk Tuhan sebelum mengambil keputusan. Ingatlah bahwa mengabaikan Allah bisa berakibat fatal! PerhatikanAmsal 3:5-6 berkata: "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.Akuilah Dia dalam segala lakumu maka Ia akan meluruskan jalanmu." Hendaknya semua jemaat selalu melibatkan Tuhan dalam segala dimensi kehidupan kita. Amin