Sunday, August 19, 2012

Penghiburan Dalam Pelarian

(I Samuel 23: 14-18)

Bersembunyi dari kejaran musuh adalah  suatu peristiwa yang memilukan. Hati berdebar-debar, pikiran yang was-was, hati dan hidup yang tidak tenang, terasingkan dari kedamaian tetapi semakin mendekat kepada keraguan dan ketakutan. Tidak ada damai sama sekali.

Daud mengalami pergumulan yang hebat. Ia berusaha menghindar dari kejaran dan ancaman pembunuhan dari Saul. Itulah sebabnya Daud melabuhkan dirinya di padang gurun Zif dengan harapan bahwa Saul tidak mengetahuinya. Tetapi beberapa saat kemudian Saul akhirnya mencium tempat persembunyian Daud, dan melakukan pengepungan dan pengejaran terhadapnya.

Di saat Daud sedang dalam bahaya, Daud pun memberi contoh dan teladan yang baik. Daud tidak tenggelam dalam situasi bahaya maut, Daud memiliki penghiburan tersendiri sehingga membuat dirinya tegar dan kuat menghadapinya. Sungguh Allah sendiri menggalang perlindungan yang ketat atas diri Saul (ay.14c). Yonatan anak Saul sendiri datang dan menguatkan Daud (ay.16). Yonatan juga memberi jaminan hidup bagi Daud dengan ikatan perjanjian di hadapan Tuhan (ay.18).

Saat ini anda mungkin seolah sedang berada dalam situasi yang sulit (sama seperti yang dialami Daud). Kesulitan itu membawa hidup kita pada kesusahan,  penderitaan, keputusasaan dsb. Minta pertolongan Tuhan, terutama kekuatan dan penghiburan di saaat kita sedang berjalan di atas taman kesulitan dan kesusahan yang ada. Percayalah Tuhan pasti mempunyai 1001 cara untuk menolongmu. Tak ada yang mustahil bagi Dia. Amin