Sunday, November 2, 2014

Dosa Sang Penghancur Sendi Keintiman Dengan Tuhan

(Yesaya 59:1-8)

       Mengapakah kejahatan di bumi ini semakin hari semakin meningkat? Pembunuhan terjadi dimana-mana...!!! Pencurian semakin banyak...!!! Penipuan semakin meraja-lela…!!! Banyak orang yang tidak takut untuk melakukan kekerasan, pemerasan, perzinahan dan pemerkosaan, dan jenis kejahatan lainnya, sepertinya hal tersebut adalah menjadi hobi dan gaya hidup. Benar sekali yang dikatakan dalam sepotong syair lagu demikian : “Jaman seiki, jaman edan”.
Nabi Yesaya dalam pelayanannya pada jaman dahulu, dia menghadapi kondisi dan situasi masyarakat yang tidak bermoral, mereka meremehkan nilai-nilai etika, menginjak-injak harkat dan martabat orang lain, perbuatan jahat dipraktekkan di mana-mana. Takut kepada Tuhan diabaikan, tetapi mereka mengandalkan kekuasaan dan kekuatan mereka sendiri (baca Yesaya 59:1-8). Sungguh suatu jaman yang tidak ada kedamaian tetapi menakutkan….sungguh benar-benar “zaman edan”
Tidak jauh berbeda situasi pada jaman Nabi Yesaya dengan jaman sekarang ini. “Zaman edan” juga hidup bahkan merasuki dan berdiam di tengah-tengah komunitas orang-orang Kristen. Pertengkaran, perpecahan, bahkan kasih yang diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri tidak lagi memiliki tempat di hati para pengikut-Nya. Dendam, sakit hati, sulit mengampuni, kemunafikan, kebencian semakin hari semakin dipelihara dan dibiarkan tumbuh di antara satu dengan yang lain.
Sangat luar biasa kekuatan dosa…!!! Dosa terus menerobos jaman demi jaman tanpa kenal lelah. Dosa terus bekerja untuk menghancurkan dan merusak tatanan masyarakat dan terlebih tatanan kerohanian manusia. Keintiman dengan Tuhan menjadi rusak !!! Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian dari semua anak-anak Tuhan. Setiap orang  harus menjaga diri agar tak tergoda dan hanyut dalam kuasa dosa. Mintalah pimpinan Roh Kudus. Amin #NZ


No comments:

Post a Comment