Sunday, February 15, 2015

“Bapa ampunilah mereka”

(Lukas 23:34)

Tujuh ucapan terakhir dari Tuhan Yesus, diawali dengan kalimat “Bapa ampunilah mereka”.  kata-kata ini bukan secara kebetulan mendapatkan urutan pertama.  Kata-kata ini penting karena disinilah Tuhan Yesus menunjukkan betapa Ia mengasihi umat manusia tanpa syarat. Kasih itu ditunjukkan di tengah-tengah penderitaan yang berat yang Ia sedang alami,  Bahkan diberikan kepada orang-orang yang mau membunuh-Nya. Wujud dari kasih itu adalah memberi pengampunan bukan penghukuman. 
Karya keselamatan Allah dalam diri Tuhan Yesus sebagai wujud kasih-Nya kepada manusia dimulai  dengan pengampunan. Lewat pengampunan maka hubungan dipulihkan dan berkat dicurahkan.  Kalau kita sudah mendapatkan anugerah pengampunan yang dari Tuhan, maka kitapun juga diajak untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita sebagai wujud kasih kita kepada Kristus.
Ketika pengampunan kita lepaskan kepada mereka yang menyakiti hati kita, maka diri kita akan mendapatkan pemulihan Tuhan. Dipulihkan dari rasa kebencian, sakit hati, kepahitan bahkan mungkin sakit penyakit yang ada di dalam diri kita dan diganti dengan damai sejahtera. Karena kita tahu manfaat dari memberi pengampunan maka mari jadikan ini gaya hidup kita setiap hari sehingga tidak membuka cela menjadi jalan iblis masuk untuk menghancurkan  hidup kita. Bahkan kita ajarkan lewat keteladanan hidup kepada keluargkan yang kita kasihi.  Mari mohon kepada Roh Kudus menolong kita untuk sanggup mengampuni.  #Pdt. Utari, S.Th – GKMI Bangsri


No comments:

Post a Comment