Sunday, February 1, 2015

Allah yang memilih kita

Yohanes 15:16 & 2 Tesalonika 2:13

Allah yang memilih…! Pemilihan Allah terhadap orang-orang percaya adalah sebuah yang menarik, luar biasa dan istimewa. Mengapa luar biasa dan istimewa? Dasar apakah yang dipakai oleh manusia untuk memilih seseorang menjadi….(misalnya ketua kelas di sekolah, ketua RT di lingkungan masyaraka, ketua DPR dalam dunia politik atau memilih seseorang menjadi pendamping hidup, dsb). Tentu harus ada standarnya, harus ada kriterianya. Biasanya sering dilihat dari kriteria secara fisik, kriteria dalam hal pengetahuan/akademis, kriteria dalam hal status sosial, dan tak ketinggalan dalam hal harta atau kekayaan. Semua itu adalah menjadi syarat atau persyaratan untuk memilih seseorang. Artinya pemilihan yang dipraktekkan oleh manusia sifatnya bersyarat.
Tetapi berbeda dengan Allah….Allah memilih manusia adalah tanpa syarat tanpa kriteria apapun. Allah menjatuhkan pilihan-NYA kepada setiap orang-orang percaya bukan karena hebatnya manusia, atau pandainya manusia, atau tingginya status dan kedudukan seseorang, atau banyaknya harta dan kekayaan seseorang !!! Allah memilih manusia adalah karena kasih-NYA, karena kedaulatan Allah penuh. Jadi pemilihan Allah adalah sifatnya tak bersyarat.
Jelas sekarang bahwa cara Allah memilih kita menjadi anak-anaknya, menjadi sahabatNya (Yoh. 15:14) dan tidak menyebut kita lagi hamba adalah karena “hati Allah” yang penuh kasih. Pemilihan dari Allah itulah yang membuat kita menjadi berharga, bernilai dan istimewa.
Oleh karena dasar itulah manusia harus bertanggung jawab, dan berperan aktif untuk melakukan perbuatan, tindakan dan dan segala aksi yang menyenangkan dan memuliakan hati Tuhan. Kesetiaan pada Tuhan semakin hari semakin dikerjakan, mengasihi Tuhan dari hari ke hari semakin berdampak dsb. Selamat menjadi umat pilihan Allah. Tuhan Yesus memberkati. Amin


No comments:

Post a Comment