Sunday, November 24, 2013

Pembaharuan Hati

(Amsal 3:1-6)
         
I. Pembukaan
Lagu           :    …..HATI ku hancur mengenang dikau …..(kata Hati artinya ?)
Perilaku     :    .....HATI ku sedih sekali rasanya .... (ekspresi kita biasanya memegang bagian tubuh yang salah bukan sekitar organ hati yang sebenarnya)
Ucapan : …..Kata HATI (berarti tidak pernah mengucapkan sesuatu) Sama dengan berkata dalam hati atau berdoa dalam hati.
II. HATI dihubungkan dengan BERKAT dan HIKMAT
Amsal 3:1, ...HATImu memelihara perintahku. Berarti  dalam hati kita senantiasa memelihara perintah/ firman Tuhan maka perilaku kita sehari-hari selalu menjaga kebaikan dan berjalan dalam kebenaran.
a. HATI berhubungan dengan HIKMAT. Hikmat adalah kepandaian untuk memilih sesuatu dengan bijaksana untuk mencapai kepandaian dengan hasil yang maksimal.
b. HATI berhubungan dengan BERKAT. Hasil yang kita terima sebagai berkat adalah panjang umur, lanjut usia, sehat, sejahtera, damai,  dan bahagia sampai masa tua.
III. Kunci kesuksesan HATI
Amsal 3:3 mengatakan bahwa Kasih dan Setia harus senantiasa dikalungkankan di leher dan ditulis di loh hati mu. Kasih dan setia jangan ditinggalkan harus selalu dibawa ke mana kita pergi.   Kasih dan setia selalu ada bersama-sama dengan kita.
IV. Pembaharuan HATI
Amsal 3:5, ... Percayalah kepada Tuhan dengan segenap HATI.! Percaya dan beriman penuh pada Tuhan. Manjaga hubungan baik antara kita sebagai anak Allah dengan Allah . Segala sesuatu harus dilakukan dan dipertimbangkan sesuai dengan hikmat dan tuntunan Tuhan. Biarlah kehendak Tuhan yang berkarya dan terjadi dalam hidupku. Tuhan lah yang menuntun dan  memberi jalan yang lurus untuk keberhasilan kita.
V. PENUTUP
Pengharapanku hanya Yesus saja ....! (inilah nyanyian kita sekarang) Hanya YESUS saja satu-satunya pengharapan hidupku!  (Ev. Susanna Dwinarti S, S.Th.)