Sunday, January 5, 2014

Bertumbuh Bersama Yesus

(Mazmur 23: 1 - 6)


Masih ingatkah pada tahun 2011-2012 kita  menggumuli tema: “Bertumbuh Dalam Yesus”. Sedangkan tahun 2012-2013 kita memiliki tema: “Bertumbuh Untuk Yesus”. Dan tahun 2013-2014 ini kita kembali disapa dengan tema :”Betumbuh Bersama Yesus”. Kata “bersama” artinya tidak boleh dipisahkan dan tidak boleh terpisahkan dengan Yesus artinya jemaat semua harus bertumbuh namun bertumbuhnya bukan karena siapa-siapa melainkan oleh karena Yesus Kristus. Oleh karena itu “bertumbuh bersama Yesus” adalah sebuah usaha untuk memiliki kualitas iman dan kerohanian yang harus sama seperti Yesus, mencontoh kerohanian Yesus, meneladani keteladanan Yesus, dan memberi diri ditopang oleh Yesus.
Pertanyaannya adalah mengapa harus bertumbuh bersama Yesus? Mengapa tidak boleh dengan tokoh-tokoh Alkitab lainnya seperti Abraham, Musa, Daud, atau murid-murid Yesus dan para rasul lainnya? Pertanyaan inilah yang harus kita jawab bersama pada bulan Januari 2014 ini.
Misalnya; Pada minggu pertama Januari 2014 ini, kita menemukan alasan dalam Mazmur 23:1-6: mengapa jemaat harus bertumbuh bersama Yesus. Jelas sekali Mazmur 23 ini mengatakan atau menjelaskan tentang posisi Tuhan dalam kehidupan anak-anakNya. Maka ada 3 alasan mengapa harus bertumbuh bersama Yesus:
Karena Tuhan adalah gembala pemelihara bagi umatNya (ay. 1b-3a)
Karena Tuhan adalah gembala penuntun bagi umatNya (ay. 3b-4)
Karena Tuhan adalah gembala sumber berkat bagi umatNya (ay. 5-6)
Oleh sebab itu, hendaklah jemaat semakin bertumbuh dalam iman, tidak boleh undur dalam iman kepada Yesus Kristus dan tidak boleh memisahkan diri dari Yesus Kristus karena Tuhan kita adalah  Tuhan yang berperan aktif melakukan perkara-perkara ajaib dalam hidup kita bahkan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Tuhan memberkati kita. Amin