Sunday, January 12, 2014

Yesus Pokok Anggur Yang Benar

(Yohanes 15 : 1 - 8)

Yesus mengidentifikasi diriNya dengan gambaran “Pokok anggur yang benar”. Secara umum kita dapat melihat bahwa Yesus ingin memperlihatkan diriNya adalah pokok anggur sebagai sumber kehidupan bagi “rating-rantingnya” dan mustahil ranting akan berbuah jika tidak melekat pada batang pohon itu, karena ranting itu akan kering karena tidak menyatu dengan pokoknya. Maka pokok anggur memperlihatkan sumber kehidupan yang akan menghasilkan buah, dan lebih tegas lagi dinyatakan Tuhan Yesus bahwa hanya Dialah Pokok anggur “yang benar” bahwa tiada sumber kehidupan yang lain selain melekat kepada Dia sebagai “Pokok anggur yang benar”.
Maka jangan ada penyesalan jika ranting-ranting yang kering itu pada akhirnya akan dibakar sebab Allah dengan kasihNya memberikan kehidupan kepada manusia melalui kehadiran Yesus sebagai Juruselamat. Yesus mempertegas kehadiranNya di dunia “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya”. Pemeliharaan khusus yang Bapa berikan kepada pokok anggur sebagai penanam dan pengurus kebun anggur membuat Yesus sebagai “Pokok anggur yang benar”, sebab Dia adalah yang diutus oleh Allah dari sorga. Maka janganlah ada yang mengatakan suatu saat nanti bahwa Allah itu kejam dengan penghukumanNya sebab kita sendirilah yang mendatangkan hukuman atas diri kita karena Allah adalah kasih.
Untuk dapat menyadari kehadiranNya maka ada tiga hal yang harus kita hidupi dalam diri kita yaitu 1. Menghidupkan Doa, 2. Menghidupkan Firman. 3. menghidupkan Ibadah. Dengan demikian setelah kita menghidupi Doa, Firman dan Ibadah kita akan diarahkan untuk menanggapi teguran dan ajakan Tuhan dalam hidup kita maka itulah yag akan membawa kita pada hidup yang penuh dengan kedamaian.Amin (Oleh: Ibu Odi. L)


No comments:

Post a Comment