Sunday, January 26, 2014

Yesus Pelita Hidup

YOHANES 8:12-20

 Pelita seringkali diartikan kebanyakan orang sebagai alat penerang; bisa berupa lampu atau seperti lilin. Tetapi pilita adalah lebih dari sekedar lampu yang bercahaya atau alat penerang, namun pelita adalah sebagai penuntun jalan kehidupan supaya tidak tersesat, tidak salah jalan dan tidak jatuh dalam kubangan kegelapan.

Tidak ada salahnya jika kita sepakat bahwa pelita itu adalah terang. Dan dalam hal ini, Yesus sendiri mengidentifikasikan diriNya sebagai terang dunia (Yoh. 8:12). Konteksnya adalah bahwa Yesus sedang memperkenalkan dirinya kepada orang banyak dan di antara orang banyak tersebut terdapat orang-orang farisi. Boleh dibilang bahwa Yesus sedang bercakap-cakap dengan orang-orang farisi, bukan hanya memproklamirkan diriNya sebagai terang, tetapi sekaligus Yesus ingin katakan bahwa orang-orang farisi sama sekali tidak memiliki terang dalam hidup mereka. Maka Yesus datang untuk memberikan terang itu supaya mereka dapat berjalan dalam terang dan hidup mereka ada dalam terang itu sendiri. Tetapi sayang orang-orang farisipun justru menaruh curiga kepada Yesus sehingga membuat mereka tidak percaya kepadaNya.

Yesus sebagai pelita hidup/atau terang hidup adalah menuntun kita juga untuk menyadari bahwa hidup ini terbatas sehingga membutuhkan terang. Kita tidak bisa mengerjakan tugas-tugas kita di dalam kegelapan tetapi Yesus menuntun kita supaya kita mengerjakannya di dalam terang. Hidup ini akan berarti jika memiliki terang dan terang itu membawa kita pada kesadaran diri bahwa hidup kita tidak ada yang tersembunyi di hadapanNya. Maka kecanduan terhadap hal-hal yang buruk, dosa, dan kejahatan bisa dikendalikan bahkan dapat dihilangkan. Berilah hidupmu dipimpin oleh tuntunan Sang Pelita Hidup yaitu Yesus Kristus. Amin

No comments:

Post a Comment