Sunday, March 2, 2014

Hidup dalam Jalan Tuhan

(Mazmur 25:1-22)

Mazmur 25:1-22 ini berisi doa mohon ampun dan perlindungan, mengungkapkan permintaan yang penuh gairah, yang sering dialami oleh jiwa yang menantikan Tuhan.
Dalam Mazmur ini sering digunakan istilah kunci doa seperti menantikan Tuhan, jalan yang ditunjukkan Tuhan, kasih setiaNya serta pengakuan dosa, ketakutan akan musuh. Maka dapat diduga Mazmur ini diterbitkan sesudah pembuangan ke Babil (abad 6 SM). Sering orang-orang percaya tidak pernah sungguh-sungguh mengenal Allah atau memahami jalan-jalanNya (Yes.55:8-9). Prinsip-prinsip dasar untuk mengetahui jalan-jalan Allah dalam Mazmur ini adalah sebagai berikut :
1. Kita harus sungguh-sungguh ingin dan mau untuk dipimpin ke dalam jalan Allah yang benar dan FirmanNya (ay. 4).
2. Kita harus ingin sekali menaruh harap pada Allah saja “sepanjang hari” (ay. 5).
3. Kita harus tunduk kepada Allah dengan rendah hati (ay. 9), mengabdikan diri  pada kehidupan saleh (ay. 10) dan takut akan Tuhan (ay. 12-14).
4. Kita harus meninggalkan dosa dan disucikan serta diampuni (ay. 7-8), karena dosa menjadi kalangan untuk mengenal Allah dan jalan-jalanNya.
5. Kita harus siap sedia untuk menghadapi apapun termasuk penderitaan dan sengsara kalau kita mengenal jalan Tuhan. Bersedia menjadi pengikut Yesus   harus bersedia menyangkal diri dan memikul salib kita seperti Kristus.
Jikalau dalam kehidupan ini kita menjumpai kesulitan, penderitaan dan kesengsaraan itu belum tentu menjadi tanda bahwa Allah tidak berkenan kepada kita (Kisah Rasul 14:22)
Teladan utama kebenaran ini adalah Yesus sendiri yang mengikuti kehendak   Allah dengan sempurna namun menderita sengsara disalib.
Ingin bertumbuh bersama Yesus, ikutilah jalanNya, jalan salib yang akhirnya membawa kemenangan yang kekal. Maka hiduplah dalam jalan Tuhan. Amin.
-Pdt.Em.Jochanan Herlianto, B.Th-


No comments:

Post a Comment