Sunday, March 23, 2014

Proses dan Pembentukan

(Yeremia 18:1-6)

Israel merupakan bangsa yang unik karena merupakan umat pilihan Tuhan (Ul. 7:6-7). Mereka sangat di-perhatikan oleh Tuhan karena mereka berharga dimata-Nya. Untuk mendapatkan umat yang siap menjadi alat di ta-ngan Tuhan harus diproses. Mereka diproses selama 70 tahun, di Babel 70 tahun dan di Asyur 70 tahun juga. Akhirnya yang tersisa itu kembali ke Kanaan menjadi bangsa pilihan Allah. Ada 3 hal pelajaran dalam proses pembentukan di tangan Tuhan:
1. Pemilihan. Dalam proses pemilihan sering kali kita jatuh tetapi tidak dibuang oleh Allah, tetapi diperbaharui kembali seperti bangsa Israel, contoh seperti Abraham seorang beriman sebelumnya tidak mempunyai anak, tetapi karena taat kepada panggilan dan melakukan perintah Tuhan, maka Abraham dipilih Tuhan untuk memiliki anak dan keturunannya menjadi bangsa yang besar.
2. Proses. Setelah dipilih, diproses, kita ibarat tanah liat dan Allah sang penjunan, kalau rusak, dibentuk lagi untuk menjadi sesuatu yang berharga.
3. Pembentukan. Ketika bangsa Israel diproses 70 tahun di Babel dan di Asyur 70 tahun, akhirnya pembentukan terjadi, bangsa Israel tetap eksis sampai sekarang, mereka memiliki pemerintahan yang sah.
Bagaimana dengan kita? Kita  adalah umat pilihan Tuhan seperti Israel, maukah kita menjalani proses yang Tuhan inginkan dalam hidup kita? Proses inilah yang sering membuat kita jatuh dan jatuh lagi tetapi yakinilah bahwa dari semuanya itu Tuhan sedang memproses kita dan dibentuk oleh tangan Tuhan yang penuh kasih dan kuasa serta sesuai dengan kehendak-Nya, yang pada akhirnya, kita  berharga di mata Tuhan. Amin  


No comments:

Post a Comment