Sunday, June 1, 2014

Meraih Hidup Baru

(Kolose 3:1-17, & 2 Korintus 5:17)

Meraih berarti menggapai sesuatu kemudian menarik ke arah diri sendiri. Hidup baru : Sebuah akibat dari kelahiran baru yang dikerjakan oleh Roh Kudus, dan memberi sebuah status baru kepada manusia. Tuhan Yesus berkata: ”aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat kerajaan Allah (Yohanes 3:3). Kita tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah jika kita tidak dilahirkan dari air dan Roh (Yoh. 3:5). Itulah syarat masuk ke dalam kerjaan Allah, yaitu dibaptis!

Menurut Paulus di dalam baptisan, orang percaya mati dan bangkit lagi dalam hidup baru. Dalam hidup baru itulah kita dituntut untuk mencari perkara yang di atas, dimana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah (Kol. 3:1). Tetapi kebanyakan orang-orang Kristen lebih cenderung memikirkan perkara yang di bumi (Kol. 3:2), maka akibatnya banyak orang-orang Kristen masih ribut soal makan, minum, hari raya, bulan baru ataupun hari sabat (Kol. 2:16) sehingga Paulus memperingatkan: “Jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu…tetapi tidak menurut Kristus (Kol. 2:8). Itu merupakan pola hidup yang lama. “Siapa yang ada dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang !” (2 Kor. 5:17).

Dengan demikian, kita yang sudah berada di dalam Kristus, sudah menjadi manusia baru ( Kol. 3:15-17), memiliki hidup baru yang harus diraih, direbut, diperjuangkan dengan mematikan segala sesuatu yang duniawi dan dengan pertolongan Roh Kudus menanggalkan hidup yang lama serta melaksanakan pola hidup baru sesuai Firmna Tuhan dengan penuh tanggung jawab (Kol. 3:12-17). Amin

(Pdt. Em. J. Herlianto, B. Th)

No comments:

Post a Comment