Sunday, March 22, 2015

Sudah Selesai

(Yohanes 19:30)

Ucapan”Sudah selesai” adalah ucapan yang biasanya diucapkan dengan perasaan senang atau hati yang lega/plong. Walaupun ucapan Tuhan Yesus,“Sudah selesai”, diucapkan Yesus di kayu salib, dan dengan tarikan dan hembusan nafas yang terakhir, saya meyakini kata-kata itu diucapkan oleh Yesus dengan rasa senang, lega , plong. Mengapa? Sebab :
1. Yesus Menyelesaikan Tugas Menjadi Tebusan (Yoh. 1:29, Rom. 5:6-9).
Yesus sudah melakukan tugas tepat seperti yang Allah Bapa perintahkan. (Yoh. 17:4) TugasNya untuk mati di kayu salib untuk menyelamatkan umat yang berdosa dari kebinasaan kekal. (Yoh. 3 : 16, 36). Dia akan dibangkitkan oleh Allah Bapa pada hari ke tiga sesudah kematianNya. ( Mat.16: 21). Tugas atau misi yang diberikan pada Yesus oleh Allah Bapa adalah untuk membebaskan manusia dari belenggu dosa, melalui KematianNya. Dosa dihapus, Iblis dikalahkankan.
2. Yesus Menyelesaikan Tugas Panggilan (Yoh. 17:4, Kis. 20:24).
Tugas/misi yang kedua diberikan Allah Bapak pada Yesus, yaitu mempedulikan sesama, melakukan tugas kemanusiaan. Menolong orang yang menderita. Me-ngasihi sesama seperti diri sendiri. Inilah yang harus diketahui oleh Yohanes Pembaptis dan murid-muridnya. Perkataan “Sudah selesai”, maksudnya, tugas Yesus penyelamatan manusia melalui salib dan melakukan tugas kemanusiaan selama Dia berada di dunia telah selesai. Yesus harus kembali ke Sorga, dan tugas penyelamatan dan kemanusiaan itu di dunia diberikan kepada umat tebusannya, umat percaya, Saudara dan saya.
Hendaklah kita menjadi jemaat-jemaat yang siap mengemban dan menyelesaikan tugas kita masing-masing. Jangan undur di tengah jalan tetapi mari kita menjadi agen-agen Allah yang menyelesaikan tugas kita dengan tuntas. Tugas menjadi orang percaya, tugas menjadi pemberita Injil, tugas menjadi orang beriman, tugas menjadi pelayan, tugas menjadi jemaat, tugas menjadi aktifis dsb. Amin


No comments:

Post a Comment