Sunday, May 27, 2012

Pentakosta Mereformasi Hidupku


(Kisah Para Rasul 3:1-10)
  Peristiwa turunnya Roh Kudus atau peristiwa para murid Yesus menerima Roh Kudus adalah sebuah peristiwa spiritualitas. Peristiwa itu bukan hanya intervensi Allah kepada anak-anakNya yang percaya kepadaNya, tetapi juga suatu peristiwa responsip dari semua anak-anakNya atau murid-muridNya. Kehadiran Roh Kudus adalah pemberian Allah dan inisiatif Allah sendiri, namun dibutuhkan tanggapan atau respon dari setiap yang orang yang telah diberikan kuasa Roh Kudus. Apakah kuasa Roh Kudus sudah berkuasa atas hidupmu? Sudahkah anda dipengaruhi dengan serius oleh Roh Kudus itu !!! Dengan apa? Dengan terlihatnya perubahan signifikan dalam setiap kehidupan imanmu.
  Dalam teks yang kita bahas ini menampilkan dua sosok yang dapat diteladani oleh karena kehadiran Roh Kudus dalam hidup mereka. Hidup mereka sungguh-sungguh diubahkan oleh Kuasa Roh Kudus itu dan hasilnya dapat dilihat dan nyata dalam hidup sehari-hari mereka.
Petrus (ay. 1-7). Apa yang terjadi dalam hidup Petrus ? Petrus mengalami perubahan  paradigma iman 180 derajat. Apabila dibandingkan dengan hidup Petrus sebelum menerima kuasa Roh Kudus adalah: seorang penyangkal Yesus (ingat peristiwa penangkapan Yesus), seorang yang berkarakter keras (ingat petrus memotong telinga salah seorang rombongan yang menangkap Yesus), seorang yang egois, seorang yang gampang bimbang dan ragu (ingat peristiwa Yesus berjalan di atas air) dsb, tetapi sekarang Petrus menjelma menjadi seorang yang kokoh, tidak lagi bimbang menggunakan nama Tuhan Yesus sehingga orang sakit menjadi sembuh (ay.6).
Orang Lumpuh (ay.8-10). Yang terjadi dalam kehidupan orang ini adalah tadinya lumpuh tak berdaya, seorang peminta-minta, menunggu belas kasihan sang pemberi. Tetapi ketika kuasa Roh Kudus menjamah hidupnya, ia menjadi orang yang tegak berdiri, bahkan melonjak kegirangan dan memuliakan Allah (ay 8).
Adakah hidup kita sudah diubahkan oleh kuasa Roh Kudus? Tuhan membutuhkan kreatifitas dari anak-anakNya untuk mempraktekkan perubahan hidup dalam sikap, tutur kata dan niat serta hati. Berilah dirimu dipimpin oleh kuasa Roh Kudus. Tuhan memberkati. Amin