Sunday, June 3, 2012

Mengenal Yesus Sang Terang Dunia

(Yohanes 8:12-36)
          
Seperti bunga yang tidak bisa berkemnbang kalau tidak kena sinar matahari, demikian pula hidup kita tidak pernah berkembang dengan baik penuh anugrah dan keindahan tanpa sinar Terang dari Yesus Kristus.
Dalam pasal ini Yesus berbicara tentang “mengikut Dia”. Kata “mengiut” (Yunani: akolouthein) ternyata mempunyai 5 arti:
1. Seperti seorang prajurit yang sedang mengikuti sang komandan yang menjadi pemimpinnya. Maka ia dituntut untuk setia dan menurut kepada sang komandan (2 Tim. 2:4).
2. Seperti seorang pelayan yang sedang melayani tuannya. Dimana saja tuannya berada, pelayan harus selalu bersamanya. Pelayan harus tunduk pada perintah tuannya. Demikian juga pengikut Kristus adalah pelayan yang kesukaannya melayani Kristus (2 Tim. 4:1-2).
3. ‘Mengikut’ sering berarti menerima nasehat orang bijak. Penasehat, konselor. Orang yang menguikut Kristus adalah orang yang menjadikan Yesus sebagai “penasehat ajaib”. Maka kita dituntut untuk menurut Firman dan perintahNya (Yoh. 8:31).
4. Kadang ‘mengikut’ diartikan sebagai orang yang mau menuruti undang-undang/peraturan pemerintah sebagai seorang warga negara yang baik (Yoh. 8:23). Orang Kristen sebagai warga negara kerajaan Allah harus menuruti hukum Kristus dalam hidupnya.
5. Mengiut berarti pula menerima dan melakiukan serta mengikuti jalan pikiran seorang guru, pemimpin, presiden dll. Maka yang penting kita memahami ajaran Kristus dan melakukannya dengan setia (Rom. 12:17).
Maka, mengenal Yesus Sang Terang Dunia berarti kita harus setia, patuh, menurut serta melaksanakan FirmanNya dalam kehidupan sehari-hari, maka kita pasti tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan mempunyai Terang Hidup. Amin (Oleh : Pdt. Em. J.Herlianto, B.Th)