Sunday, March 31, 2013

Kebangkitan Kristus Meruntuhkan Tembok Pemisah


(Kis.  10:34-43)

Keserakahan, keegoisan, kelalaian yang semuanya bersumber dari dosa telah mengakibatkan sebuah tembok pemisah yang sangat tebal baik antara manusia dengan sesamanya, maupun antara manusia dengan Tuhan. Tembok pemisah itu selalu menjadi masalah besar jika tidak dirobohkan. Maka kebangkitan Yesus telah meruntuhkan segala bentuk tembok pemisah tersebut.

Di dalam Kisah Para Rasul 10: 34-43, terdapat tiga jenis tembok pemisah yang sudah diruntuhkan oleh kebangkitan Yesus Kristus. Apa itu?
1. Tembok kekuatiran. Kebangkitan Yesus telah membuang jauh kekuatiran para pengikut-NYA tentang kebangkitan Yesus. Sekarang kekuatiran itu berganti menjadi pengharapan. Pengharapan bisa diartikan dengan kepastian, kebenaran dan kenyataan.
2. Tembok Etnis. Membeda-bedakan sesama adalah mengkhianati semangat sebagai satu tubuh Kristus.  Maka perbedaan-perbedaan yang ada telah diselesaikan melalaui kebangkitan Kristus. Oleh karena itu, tidak ada lagi seseorang yang diperlakukan  dengan tidak adil oleh sesamanya. Semua sama di mata Allah.
3. Tembok Dosa. Tembok ini juga Tuhan selesaikan melalui kebangkitanNya. Hai maut dimanakah sengatmu. Kebangkitan Kristus telah memerdekakan manusia dari kukungan dosa.

Hendaklah semangat kebangkitan Kristus kita bawa, kita terapkan dan kita lakukan dalam hidup sehari-hari kita. Tuhan Yesus memberkati. Amin.