Sunday, August 3, 2014

Ketekunan Mengalahkan Kesukaran
(Amsal 24:10)

Tentunya hampir setiap orang pasti mendambakan suatu kehidupan yang nyaman, aman serta menyenangkan; cukup sandang; pangan dan papan. Tetapi didalam  kenyataan kita melihat betapa sering kehidupan seseorang itu penuh masalah, kesusahan, kesesakan, penderitaan sakit penyakit, dll.
Mengapa hidup kita sering   dilanda kesukaran, kesusahan? Pastilah semua orang berusaha menghindar dari masalah-masalah yang menyulitkan hidupnya; padahal menurut firman Tuhan, bahwa       kesukaran, penderitaan, berbagai pencobaan itu merupakan ujian iman yang harus kita alami jika kita menginginkan hidup kita berkualitas & berkemenangan terhadap berbagai kesukaran.
Yakobus 1 : 2-4 menyatakan bahwa justru melalui ujian iman itu akan menghasilkan ketekunan yang melahirkan kekuatan, keteguhan serta kesabaran dalam menghadapi tantangan hidup ini. Hanyalah orang-orang yang sering mengalami penderitaan dan kesukaran dalam hidupnya akan menjadi tabah, kuat dan tekun dalam menanggung segala penderitaan (Roma 5 : 1-5).
Orang beriman ialah orang yang harus mampu belajar mengandalkan Tuhan dengan setia dalam hidupnya sehingga diberi kekuatan dan kasih karunia yang cukup untuk bertahan pada masa kesukaran. Ingat Amsal 24 : 10 “Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan,    kecillah kekuatanmu”.
Janganlah menghindari kesukaran, tantangan dan penderitaan dalam hidup ini karena kalau kita tekun menjalani kita akan menjadi tahan uji sehingga berhasil memenangkan      perjuangan hidup ini. Amin.
#Pdt. Em. Jochanan Herlianto, B.Th

No comments:

Post a Comment