Sunday, August 17, 2014

Laskar Kristus yang Sejati

(2 Timotius 2:1-4)

Gambaran seorang prajurit yang hidup dalam perjuangan merupakan gambaran yang cukup popular baik di kalangan orang romawi maupun orang Yunani. Ternyata perjuangan itu sangat panjang dan beraneka ragam. Paulus mengambil gambaran itu dan dikenakannya bagi semua orang Kristen, khususnya bagi para pelayan    Tuhan. Ia mendorong Timotius untuk memeperjuangan perjuangan yang baik (1 Tim. 1:18).
Paulus melihat kehidupan seorang prajurit salah satu gambaran yang ideal bagi kehidupan orang percaya. Sifat prajurit adalah salah satu daya tarik Paulus untuk menggambarkannya bagi kehidupan orang percaya agar dapat bertahan dalam perjuangan iman untuk meraih kemenangan.
Sifat-sifat seorang prajurit diantaranya: (a) Perjuangan seorang prajurit menuntut kosentrasi penuh dimana tidak lagi disibukkan oleh perkara-perkara yang lain. Ingat perjuangan kita bukan melawan darah dan daging tapi kuasa-kuasa kegelapan dengan segala tipu muslihatnya. (b) Sorang prajurit yang baik memelurkan ketaatan. Tugas seorang percaya adalah menaati setiap perintah Tuhan dan menerimanya sekalipun kadangkala kurang dimengerti, bahkan tidak jarang kadangkala seolah-olah tidak masuk diakal. (c) Seorang prajurit yang baik bersedia berkorban. Orang percaya harus selalu siap sedia berkorban tentang dirinya, kehendaknya, keinginannya demi mengutamakan Tuhan dan melayani sesame. (d) Seorang prajurit harus memiliki loyalitas yang tinggi (kesetiaan).
Akhirnya marilah kita sadari bersama bahwa hidup Kristen identik dengan sorang prajurit yang hidup dalam perjuangan. Musuh kita (iblis) ada dimana-mana, untuk itu berjaga-jagalah senantiasa dalam segala hal sebab iblis itu bagaikan singa yang lapar yang mencari orang untuk dimangsanya. Waspadalah dan berjuanglah. Tuhan Yesus memberkati. Amin
#NZ


No comments:

Post a Comment