Sunday, August 31, 2014

Dengan Hati yang Bersyukur

(Mazmur 67: 1-8)


pakah artinya bersyukur? Bersyukur adalah ucapan sukacita dan hati yang terimakasih disertai dengan puji-pujian, hormat dan kemuliaan bagi Tuhan  oleh karena kebaikan Tuhan yang terealisasi dalam pengalaman dan perjalanan hidup kita. Namun bersyukur itu jangan hanya dinilai dari jumlah kesempurnaan berkat dan kebaikan yang kita terima dari Tuhan, tetapi kurang dari itupun harus tetap bersyukur.
Misalnya; seandainya kita mendapatkan sesuatu yang nilainya 100 %... ya bersyukur. Seandainya kita mendapatkan sesuatu yang nilainya 75 % ….ya bersyukur juga. Seandainya kita mendapatkan sesuatu yang nilainya 50 % ….ya bersyukur. Bahkan seandainya kita hanya mendapatkan sesuatu yang nilainya dibawah 50 % harus tetap bersyukur……Bagaimanakah kalau nol atau tidak ada sama sekali ??? jawabnya tetap bersyukur. Paulus berkata “mengucap syukurlah dalam segala hal” (1 Tesalonika 5:18).
Daud dalam nyanyiannya bersama umat menyemarakkan pujian syukur kepada Tuhan karena kebaikan Tuhan yang terjadi dalam hidup mereka. Ajakan bersyukur ini di dasarkan pada 3 hal yaitu: Kasih Allah yg mereka rasakan, Berkat Allah yang mereka terima, dan Sinar kemuliaan Allah memancar dalam hidup mereka. Menariknya bahwa dalam pujian syukur itu, Daud mengemukakan tujuan dan manfaat dari berkat-berkat Tuhan yang mengalir dalam hidup mereka. Apa itu? Mengajak seluruh bangsa-bangsa turut bersyukur kepada Allah Israel, mengajak seluruh bangsa-bangsa turut bersukacita dan bersorak-sorai atas perbuatan Allah Israel, mengajak seluruh bangsa-bangsa turut takut kepada Allah Israel.
Hendaklah ucapan syukur kita juga bukan hanya memikirkan kepuasan rohani kita sendiri melainkan menjadi berkat bagi banyak orang. Amin Tuhan Yesus memberkati. #NZ


No comments:

Post a Comment