Sunday, May 3, 2015

Semua karena Anugrahnya

(Efesus 1:1-9)

Bila kita jujur mengamati hidup kita, terlihat betapa seringnya kita tidak mampu melakukan sesuatu dan membutuhkan dukungan atau pertolongan dari luar diri kita. Bila dalam hal sehari-hari saja kita bergantung kepada "yang lain" (manusia, alam atau lingkungan hidup, dan sebagainya), apalagi dalam hal keselamatan jiwa. Keselamatan jiwa jauh di luar jangkauan kemampuan kita.
Mungkinkah manusia berdosa layak berjumpa dengan Allah yang Mahasuci? Efesus 1:1-9 menjelaskan bahwa; Tuhan yang mengaruniakan kepada manusia berkat rohani (1:3), Tuhan yang memilih agar kudus dan tak bercela (1:4), Tuhan menentukan kita sejak semuala supaya menjadi anak-anak Allah (1:5), Tuhan yang melimpahkan penebusan demi keselamatan jiwa kita (1:8). semuanya menggambarkan kepasifan dan ketidakberdayaan manusia, sekaligus keaktifan dan anugerah Allah. Jelaslah bahwa semua itu karena anugerah-Nya.
Kenyataan di atas mengajar kita untuk selalu rendah hati di hadapan Allah. Jangan sombong. Kita harus ingat bahwa sebagai makhluk ciptaan, semua kemampuan yang ada pada diri kita bukanlah berasal dari diri kita sendiri, melainkan berasal dari Sang Pencipta. Sebagai ciptaan, kita bergantung kepada anugerah Allah Sang Pencipta dalam segala hal, baik dalam hal keselamatan jiwa maupun dalam perjalanan hidup kita sehari-hari. Tempatkanlah diri kita dengan tepat sebagai manusia, dan tempatkanlah Diri Allah dengan tepat sebagai Allah, sehingga kehidupan kita dari awal sampai pada akhirnya menghasilkan syukur dan puji-pujian bagi kemuliaan Allah! 


No comments:

Post a Comment